Ekstrakurikuler

Sejarah Singkat

Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan kaum muda yang memiliki tujuan untuk membina karakter serta meningkatkan iman dan taqwa agar menjadi manusia yang memiliki rasa cinta akan tanah air, memiliki jiwa patriotisme. Dengan dasar pemikiran itulah pada tahun 2009 Pangkalan SMAN 15 Pangdeglang merintis Ambalan yang diberi Nama Reka Persada dan Dewi Pertiwi. Dengan nama reka persada memiliki makna pemuda yang mampu bekerja untuk bangsa dan negaranya, sedangkan dewi pertiwi memiliki makna pemudi yang sanggup berkarya mengharumkan nama bangsa.

Keberadaan Pramuka di sekolah memberikan kontribusi yang positif dalam rangka pembinaan generasi muda.

Legalitas

  1. Undang – undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
  2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
  3. Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan.
  4. Keputusan Kwartir Nasional Nomor 231 Tahun 2007 tentang Gugus Depan
  5. Keputusan Kwartir Nasional Nomor 041 Tahun 1995 tentang Sistem Administrasi Satuan.
  6. Keputusan Kwartir Ranting Carita Tentang Penetapan Nomor Gudep Pangkalan SMAN 15 Pandeglang.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang unggul akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembinaan di Gugus Depan, kami bersyukur bahwasannya Gugus Depan kami memiliki sumber daya manusia yang memadai baik dilihat dari pendidikan umum, ataupun pendidikan kepramukaan, karena tampa memahami kepramukaan maka saya yakini dukungan yang diberikan akan dirasakan kurang. Inilah rincian sumber daya manusia yang kami miliki :

Majelis Pembimbing Gugus

No Nama Jabatan Jabatan Pendidikan Kepramukaan
1 Dra. Hj. Uyoh Durotunasihah, M.Pd. Ketua Orientasi Mabi
2 Saepullah, S.Pd.Si. Wakil Ketua Orientasi Kepramukaan
3 Ade Hendra Gunawan, S.E. Sekretaris KMD
4 Dra. Yenni Novarita Anggota Orientasi Kepramukaan
5 Imam Isnaeni Sidiq, M.Pd. Anggota Orientasi Kepramukaan
6 Asep Herman, M.Pd. Anggota KPL

I. LANDASAN PEMIKIRAN

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmannirrahim

Segala puji bagi Allah Yang Maha Memberi Hidayah kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendaki. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah atas junjungan Nabi Muhammad Saw. beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya yang setia dan istiqomah dalam menegakkan kalimat Allah di muka bumi.

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang- orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. at-Taubat: 18)

Dari Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Tujuh macam orang yang akan dilindungi oleh Allah Swt dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada perlindungan kecuali perlindungan-Nya:

  1.  Pemimpin yang adil
  2.  Pemuda yang selalu beribadah kepada Allah
  3.  Orang yang hatinya selalu terpaut pada masjid
  4.  Dua orang yang bercinta, berkumpul dan berpisah karena Allah
  5.  Orang yang tetap menjaga dirinya dari zina karena takut pada Allah
  6.  Orang yang mau memberikan infak dengan ikhlas, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya
  7.  Orang yang dalam kesunyian selalu ingat kepada Allah, sehingga air matanya

mengalir” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sekolah ibarat jantung. Peran jantung bagi manusia sangatlah vital, jika jantung itu tidak berfungsi maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut sudah tidak bernyawa lagi (wafat). Begitu juga dengan sekolah, sekolah adalah jantung masyarakat. Sekolah adalah tempat berkembangnya peradaban. Jika sekolah itu ‘hidup’, maka itu  adalah  tanda  masyarakat  yang  hidup  dan  beradab.  Oleh  karena  itu,  untuk menghidupkan  sekolah,  kami  Rohis  SMAN  15  Pandeglang  membuat  berbagai

program kerja untuk menghidupkan syi’ar Islam di sekolah.

Di tengah-tengah tatanan dunia global sekarang ini, manusia dihadapkan pada kehidupan yang serba penuh dengan persaingan. Persaingan tersebut terjadi pada semua lini kehidupan, baik dalam bidang ekonomi, politik, pertahanan dan juga ilmu pengetahuan. Persaingan yang melibatkan seluruh masyarakat dunia tersebut merupakan akibat dari semakin majunya peradaban manusia terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melihat fenomena tersebut di atas, dapat kita pahami bahwa untuk bisa bersaing manusia dituntut memiliki kemampuan yang lebih dalam berbagai bidang. Dan ini pulalah yang membuat manusia maupun sebuah negara bisa tetap eksis.

Berangkat   dari   asumsi   tersebut   di   atas,   menuntut   perlu   adanya   upaya pemberdayaan  potensi  umat  dari  umat  Islam  sendiri,  khususnya  para  pelajar, sebagai pembekalan untuk bisa bersaing dengan umat lainnya. Khususnya di Indonesia, juga masih banyak umat Islam tetinggal dalam beberapa hal dengan umat lain.

Sebagai pelajar Islam yang juga merupakan bagian dari umat, kami Rohis SMAN 15

Pandeglang,  merasa  perlu  untuk  berperan  serta  dalam  upaya  pemberdayaan potensi umat sebagai bukti kontribusi kami terhadap umat, meski dalam bentuk yang sederhana.

Selain  alasan  tersebut  di  atas,  juga  karena  Rohis  SMA  Negeri  15  Pandeglang adalah organisasi remaja yang mana remaja adalah generasi masa depan yang menentukan maju mundurnya umat dimasa yang akan datang. Namun pertanyaannya sekarang adalah ”Mengapa berbasis sekolah?“, hal itu karena selain Rohis SMA Negeri 15 Pandeglang adalah organisasi sekolah juga karena sekolah merupakan salah satu tempat dakwah Islam sehingga usaha pemberdayaan potensi umat bisa dibarengi dengan pembentukan spiritual para kader, sehingga terwujud cita-cita Rohis SMA Negeri 15 Pandeglang yaitu “Terwujudnya generasi muda yang berilmu, beriman dan bertaqwa yang memperjuangkan nilai–nilai keislaman serta perduli  terhadap  persoalan  umat  dan  juga  melaksanakan  pembangunan  yang terpadu antara spiritualitas, moralitas, intelektualitas dan solidaritas sosial menuju terciptanya insan yang Islami.”

II.VISI

“Terwujudnya generasi muda yang berilmu, beriman dan bertaqwa (IPTEK dan IMTAQ) yang memperjuangkan nilai-nilai Islam serta peduli terhadap persoalan umat.”

III.MISI

“Melaksanakan pembangunan yang terpadu antara Spiritualitas, Moralitas, Intelektualitas dan Solidaritas Sosial menuju terciptanya insan Islami dan Berakhlaq Mulia”

IV. Sejarah

Sebelum organisasi Rohis ini berdiri di SMA Negeri 15 Pandeglang pada tanggal 21

November 2010 lalu, kegiatan keagamaan SMA Negeri 15 Pandeglang berada di bawah Divisi Keagamaan Osis. Lalu, secara legal, Divisi Keagamaan memisahkan diri dari Osis dan membentuk organisasi baru bernama Rohani Islam (ROHIS)

Lambang Organisasi Rohis

ROHIS

AL-KHOIR

Ketua Umum ROHIS SMAN 15 Pandeglang

Berikut ini adalah nama–nama orang pilihan yang mendapat amanah memimpin

Rohis SMAN 15 Pandeglang setiap periodenya antara lain: Ketua Rohis SMAN 15 Pandeglang

  1. Daden Periode 2016-2017
  2. 2. Supriyadi Priode 2017-2018
  3. 3. Hendiawan Prioode 2018-2019
  4. 4. Samani Priode 2019-2020

V.Program Kerja

Sebagai upaya untuk menggerakkan dan meningkatkan peran dan keberadaan Rohis SMAN 15 Pandeglang, maka harus didukung oleh gerak dan kreativitas sebagai upaya untuk mencapai tujuan dan cita-cita.

Program  kerja harus disusun  secara  sistematis, realistis, terarah  dan  terencana sehingga menunjukkan adanya peningkatan kualitas menuju cita-cita organisasi dengan terciptanya suasana ilmiah, dinamis dan inovatif (sesuai dengan kondisi remaja) serta tersalurnya aktifitas anggota menuju insan Islami yang produktif dan terbentuknya SDM yang mapan dan mandiri sesuai dengan bidang dan profesinya.

Fungsi  program  kerja  adalah  sebagai  landasan  operasional  Rohis  SMAN  15

Pandeglang  dan  memberikan  arah  bagi  pelaksanaan  aktifitas  dan  kreatifitas anggota.

A.Jangka Panjang

a. Menjadi center kajian Islam siswa SMAN 15 Pandeglang

b. Lahirnya generasi-generasi pemikir Islam yang berilmu, beramal dan berdayaguna

c. Menjadi model Rohis bagi Sekoah lainnya

B. Jangka Menengah

a Pendidikan dan Pelatihan Kader b) Seminar/BedahBuku/Talkshow

c Rihlah / Tour Religi

d Peringatan Hari Besar Islam

e Posko Bantuan Bencana, Santunan, dll)

f Training motivation

C. Jangka Pendek

a. Tadus Al-Quran dan Imtaq

b. Solat Duha Bersama

c. Penyebaran Syi’ar Islam melalui mading, leaflet dan sebagainya

d. Study Club (Pelatihan Bahasa Arab, baca Tulis Al-Quran, dan sebagainya)

e. Pelatihan Study Al-Qur’an, Qiroat dan tilawah

f. Pelatihan-pelatihan seperti pelatihan Marawis, Nasyid, dan Pembuatan Souvenir

VI. STRUKTUR LEMBAGA

Hampir setiap kepengurusan ada perubahan. Namun pada umumnya, susunannya sebagai berikut:

SUSUNAN PENGURUS ROHIS SMA NEGERI 15 PANDEGLANG PERIODE 2019/2020

Pelindung                                           : Dra. Hj. Uyoh Durotunnasihah, M.Pd

Penanggung Jawab/ Pembina          : Bundanaeji, S.Ag, M.M.Pd

Ketua : Samani
Wakil Ketua : Dinda
Sekretaris : Daerobi
Wakil Sekretaris : Devi
Bendahara : Samani
Wakil Bendahara : Gita Ilona Gutawa

VII. Alamat Organisasi

Rohis SMA Negeri 15 Pandeglang Jl. Raya Carita Banjarmasin Carita – Pandeglang

VIII. Penutup

Demikian profil organisasi ini kami buat, besar harapan kami agar dapat menjadi acuan bagi seluruh siswa SMA Negeri 15 Pandeglang

Semoga sealu ada dalam Rdho Allah SWT . Aimin

Sejarah Singkat

Berdirinya kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Sekolah SMA Negeri 15 Pandeglang yaitu pada tanggal 17 Agustus 2008 yang di pelopori oleh siswa yang menjadi Pasukan Pengibar Bendera di Kecamatan Carita, dimana bahwa sebagian besar atau hampir 95 %  Pasukan Pengibar Bendera di Kecamatan Carita adalah siswa SMA Negeri 15 Pandeglang, sejak saat itu lah kegiatan Paskibra SMA Negeri 15 Pandeglang selalu menunjukan eksistensinya dan pada tahun 2014 lahir lah nama AZZURA SAKTI yaitu sebuah Organisasi Kepaskibraan di SMA Negeri 15 Pandeglang dan selalu berkiprah di kancah Paskibra Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.

Visi

Menyamakan persepsi peraturan baris-berbaris dan benar
Membentuk Karakter
Menumbuhkan Rasa Kebersamaan (JIWA KORSA)
Menumbuhkan Rasa Bela Negara

Misi

  • Membuat Forum-forum Tentang Paskibra Badan Pengurus Harian Paskibra Sekolah (BPHPS)
    Mengikuti Latihan Gabungan, Seleksi baik tingkat kecamatan maupun tingkat Kabupaten
    Latihan Dengan Rutin
    Mengikuti Latihan Bela NegaraMengikuti Lomba LKBB dan LSBB

Pembina

  1. Eha Julaeha, S.E., M.Pd.Pelatih : Senior Purna Paskibra Kecamatan

Struktur Organisasi

  • Penanggung Jawab : Dra. Hj. Uyoh Durotunasihah, M.Pd. (Kepala Sekolah)
  • Koordinator : Saepullah, S.Pd. (Wakasek Kesiswaan)
  • Pembina : Eha Julaeha, S.E., M.Pd.
  • Pelatih : Senior Purna Paskibra Kecamatan Carita
  • Ketua BPHPS : Uul Mardiyah
  • Wakil Ketua : Sulastri
  • Bendahara : Jahroh
  • Arti dari lambang :

    • Lambang berupa bunga teratai yang tumbuh dari lumpur (tanah) dan berkembang di atas air, hal ini bermakna bahwa anggota Paskibraka adalah pemuda dan pemudi yang tumbuh dari bawah (orang biasa) dari tanah air yang sedang berkembang dan membangun.
    • Bunga teratai berdaun bunga 3 (tiga) helai tumbuh ke atas (mahkota bunga), bermakna belajar, bekerja, dan berbakti.
    • Bunga teratai berkelopak 3 (tiga) helai mendatar bermakna aktif, disiplin, dan gembira.
    • Mata rantai berkaitan melambangkan persaudaraan yang akrab antar sesama generasi muda Indonesia yang ada di berbagai pelosok penjuru (16 penjuru arah mata angin) tanahair.
      Rantai persaudaraan ini tanpa memandang asal suku, agama, status sosial, dan golongan, akan membentuk jalinan mata rantai persaudaraan yang kokoh dan kuat. Sehingga mampu menangkal bentuk pengaruh dari luar dan memperkuat ketahanan nasional, melalui jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan yang telah tertanam dalam dada setiap anggota Paskibraka

Dokumentasi

Sejarah Singkat

Ekstrakurikuler Seni SMA Negeri 15 Pandeglang adalah sebuah wadah yang membina dan menyalurkan bakat peserta didik dalam bidang seni baik seni tari, drumband, paduan suara maupun seni rupa.

Berdirinya kegiatan Ekstrakurikuler Seni SMA Negeri 15 Pandeglang yaitu pada bulan November 2017. Ekstrakurikuler ini terbentuk berkat adanya kegiatan GSMS [Gerakan Seniman Masuk Sekolah] dari Kemendikbud melalui Direktorat Kesenian. Pada kegiatan ini peserta didik diajarkan beberapa tarian dan kesenian lain oleh para seniman. Setelah kegiatan tersebut berakhir, Sekolah kemudian memberikan wadah agar peserta didik dapat terus mengembangkan kemampuannya dengan membentuk Ekstrakurikuler Seni.

Melalui ekstrakurikuler ini, peserta didik dapat menunjukan eksistensi dalam bidang seni dengan tampil pada berbagai acara Sekolah, misalnya pada perayaan hari besar, PENSI, penglepasan kelas XII, lomba FLS2N maupun kegiatan lainnya.

Visi

Menciptakan siswa-siswi yang kreati, inovatif dan aktif dalam melestarikan budaya dan kesenian

Misi

  • Meningkatkan apresiasi peserta didik dalam mencintai kesenian dan kebudayaan
  • Mengembangkan potensi peserta didik dalam kesenian yang mampu memberi manfaat bagi Sekolah dan masyarakat

Pembina

  1. Tahun 2017 sampai tahun 2018 : Eha Julaeha, S.E., M.Pd.
  2. Tahun 2019 sampai sekarang : Erni Adriani, S.Pd

Struktur Organisasi

  • Penanggung Jawab : Dra. Hj. Uyoh Durotunasihah, M.Pd. (Kepala Sekolah)
  • Koordinator : Saepullah, S.Pd. (Wakasek Kesiswaan)
  • Pembina : Erni Adriani, S.Pd
  • Ketua : Siti Andini
  • Wakil Ketua : Salsabila
  • Bendahara : Neni
  • Sekretaris : Nitta Margareta

Dokumentasi

TUJUAN

1. Membekali anggota KIR dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta Iman dan Taqwa (Imtaq) terhadap Allah SWT.

  1. Membekali anggota KIR dengan pemikiran kritis, kreatif dan inovatif terhadap ilmu pengetahuan
  2. Melatih anggota KIR dengan berbagai keterampilan dibidang teknologi industri 4.0
  3. Menghasilkan penemuan-penemuan yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan Negara
  4. Ikut serta terlibat secara aktif dalam lomba-lomba karya tulis ilmiah, penelitian dan dalam forum-forum diskusi ilmiah baik di Sekolah, Nasional maupun Internasional

Visi

Membentuk calon-calon peneliti muda Indonesia yang kreatif dan inovatif dengan berlandaskan pada Sains dan Teknologi dalam upaya membangun Budaya Ilmiah (Science Culture) di SMA Negeri 15 Pandeglang

Misi

  1. Komunitas Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 15 Pandeglang menjadi Organisasi Ilmiah tingkat Remaja yang mampu mencetak Calon-calon peneliti muda Indonesia yang berguna bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara.
  2. Komunitas Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 15 Pandeglang mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia

Struktur Organisasi

Ketua : Mirna Aprilianti S

Wakil : Tb.arrafi ubaidillah

Sekretaris : Ratu aliya R

Virgiawan          Bendahara : Irwan

Arweltri

  1. Ketua Divisi Astronomi: Ratu aliya R

Anggota:

  1. Intan
  2. saneh meylani

3.St.nurholipah

4.marinah

5.windi

6.amelia

7.patmawati

8.martini

9.derabi

10.fela

 

  1. Divisi Robotik

Ketua : Ageng parikesit S

Anggota :

  1. Ridwan
  2. Rizal
  3. Ririn
  4. Tb arrafi
  5. Ihrom
  6. Azidan
  7. umin aminudin
  8. Sinta dewi
  9. Eka panji kusuma
  10. irwan

11.adi sopian

 

3.Divisi Fisika,Kimia,Biologi

Ketua : Virgiawan

Anggota:

  1. St.Nurimah
  2. Riska
  3. Neneng mastufah
  4. Nabbila setty riadi
  5. ismawati
  6. pitri
  7. salsabila
  8. St.Marlina
  9. Nita margareta
  10. Dinda Tira Martini

11.Shela widia aroya

 

  1. Divisi Jurnalistik

Ketua : Haliza Natalia

Anggota :

  1. Devia
  2. Maesaroh
  3. Arweltri
  4. Rohayati
  5. Tina susanti
  6. Ratu syifa
  7. Destira
  8. Ranti
  9. Amel agustin

10. Mirna aprilianti S